Analisis Kosakata dan Teks Bacaan dalam Buku Teks Bahasa Mandarin “Mei Hua” untuk Penggunaan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sintia Sintia Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Lily Thamrin Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Bun Yan Khiong Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3066

Abstract

Terdapat beragam jenis buku teks bahasa Mandarin yang digunakan oleh sekolah dasar di Pontianak, salah satunya adalah ”Mei Hua”. Penelitian ini menjadikan buku teks ”Mei Hua” jilid 1 hingga jilid 6 sebagai objek penelitian, dan menganalisis dua komponen yaitu kosakata dan teks bacaan serta evaluasi guru terhadap buku teks.  Untuk mengetahui susunan kosakata dan teks bacaan dari buku teks ”Mei Hua” serta evaluasi guru, peneliti menggunakan metode studi pustaka dan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, artikel ini menemukan bahwa susunan kosakata (tingkatan kosakata, jumlah kosakata dan pengulangan kosakata) dan susunan teks bacaan (topik teks bacaan dan bentuk teks bacaan) dalam buku teks ”Mei Hua” telah sesuai dengan standar dan cocok digunakan sebagai buku teks pengajaran bahasa Mandarin di sekolah dasar. Dilihat berdasarkan prinsip evaluasi guru terhadap buku teks, ”Mei Hua” telah sejalan dengan prinsip relevansi, sistematis, praktis dan menarik. Para guru juga berpendapat bahwa buku teks ”Mei Hua” merupakan seperangkat buku teks yang baik, hanya saja terdapat beberapa aspek yang masih kurang, seperti: rata-rata pengulangan kosakata dan topik teks bacaan yang berkaitan dengan kehidupan keluarga.

Published

2024-01-01

How to Cite

Sintia, S., Thamrin, L. ., & Khiong, B. Y. (2024). Analisis Kosakata dan Teks Bacaan dalam Buku Teks Bahasa Mandarin “Mei Hua” untuk Penggunaan Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 86-94. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3066