Personal Branding WaliKota Surabaya di Media Sosial Instagram

Authors

  • Tanisya Farah Nabilla Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Catur Suratnoaji Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3068

Abstract

Personal branding ialah proses pembentukan presepsi khalayak terhadap suatu kesan yang dibangun seseorang guna untuk membangun citra. Adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat,  seseorang dapat membangun personal branding melalui media sosial yang digunakan untuk membangun personal branding yaitu instagram.  melalui media sosial instagram, seorang tokoh politik Eri Cahyadi selaku Walikota Surabaya ini memanfaatkan media sosial instagram untuk membangun personal branding melalui konten unggahan pada akun @ericahyadi_. Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui personal branding Eri Cahyadi sebagai Walikota Surabaya yang ditampilkan di media sosial Instagram @ericahyadi_. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori 5 Brand Personality Traits menurut Kotler dan Amstrong. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode analisis isi.  Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasanya terdapat kelima unsur kategori Brand Personality Traits yang menggambarkan personal branding Eri Cahyadi sebagai Wali Kota Surabaya yaitu Sincerity, Excitement, Competence, Sophistication, dan Ruggedness. personal branding Eri Cahyadi yang paling dominan yaitu pada kategori Ruggedness dengan ditampilkan sebagai sosok yang ulet dalam bekerja dengan ciri khas karakter yang ditampilkan yaitu aktif berkegiatan diluar ruangan dengan nilai persentase 33,93% dengan jumlah respon sebanyak 94.551 like dan 2.114 komentar.

Published

2024-01-02

How to Cite

Nabilla, T. F. ., & Suratnoaji, C. . (2024). Personal Branding WaliKota Surabaya di Media Sosial Instagram. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 327-332. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3068