Strategi Humas Dalam Promosi Penerimaan Peserta Didik di MTs Ma’Arif NU Kemiri Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.307Abstract
Hubungan masyarakat adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik untuk mencapai tujuan bersama. Adanya persaingan antar lembaga pendidikan dalam mencari pelanggan pendidikan maka diperlukan strategi pemasaran. MTs Ma’arif NU Kemiri Purworejo merupakan lembaga pendidikan yang mengalami peningkatan jumlah peserta didik dalam dua tahun terakhir. Penulis akan menganalisis strategi humas yang diterapkan dalam promosi penerimaan peserta didik di MTs Ma’arif NU Kemiri Purworejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara, observasi dan telaah dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan kerangka berfikir secara deduktif. Setelah melakukan analisis terhadap strategi humas dalam promosi penerimaan peserta didik yang diterapkan di MTs Ma’arif NU Kemiri Purworejo menunjukan bahwa strategi humas dalam promosi penerimaan peserta didik di MTs Ma’arif NU Kemiri Purworejo secara umum telah terlaksana dengan baik meskipun terdapat beberapa kendala tetapi telah dilakukan beberapa upaya untuk mengatasi kendala tersebut.