Efektivitas Penggunaan Kartu Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemandirian Memakai Kaos Kaki pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas II
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3073Abstract
Kemampuan memakai kaos kaki secara berurutan anak tunagrahita (ZIH) masih cukup rendah. Masalah tersebut disebabkan oleh kondisi anak berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan dan keterbatasan perkembangan pada bidang mental-intelektualnya, sehingganya penyandang tunagrahita akan mengalami kesulitan dalam komunikasi sosial, kecakapan dan perkembangan kognitifnya serta kurangya minat dalam pembelajaran. Media karttu gambar berseri merupakan media pembelajaran yanga dapat membantu anak memahami cara memakai kaos kaki secara berurutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media kartu gambar berseri terhadap kemampuan memakai kaos kaki secara berurutan pada anak tunagrahita kelas II PKLK TBAC Kotabumi. Untuk memecahkan permasalahan ini, peneliti menggunakan jenis penelitian metode eksperimen dengan subjek tunggal atau single subject research (SSR). Desain penelitian subjek tunggal yang digunakan adalah A-B-A. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita kelas II PKLK TBAC Kotabumi berinisial ZIH yang mengalami kesulitan dalam memakai kaos kaki secara berurutan. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan tes secara langsung (parktek). Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitiandisajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan anak memperoleh rata-rata jumlah nilai 0,75 atau 0,75% pada fase Baseline-1 (A1) lalau di fase Intervensi (B) menjadi 5,25 atau 5,25% dan pada Baseline-2 (A2) 6,75 atau 6,75%. Rata-rata jumlah nilai tersebut diperoleh dari skala nilai 10-100. Berdasarkan gambaran data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu gambar berseri efektif untuk meningkatkan kemampuan memakai kaos kaki secara berurutan pada anak tunagrahita.