Efektivitas Model Role Playing terhadap Penguatan Nilai Karakter pada Pembelajaran Sejarah Bagi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Seponti Kayong Utara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3086Abstract
Tujuan dari penelitia ini adalah untuk mengukur seberapa besar efektivitas model role playing terhadap penguatan nilai karakter pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Seponti kayong utara. Penelitian ini mengunakan metode True-Eksperimenental Designs, dengan bentuk posttest-only control design dan subjeknya peserta didik kelas XI IPS 1 kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 kelas kontrol, menggunakan teknik observasi dan angket/kuesioner. Analisi data menggunakan analisi kuantitatif. Berdasarkan hasil perhitungan uji effect size adalah sebesar 1,352 dengan kriteria jika effect size > 0,07 berarti memiliki efek yang tinggi. Penerapan model role playing dalam pembelajaran sejarah terbukti dapat menguatan nilai karakter peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis deskriptif presentase pada angket variabel Y sikap nasionalisme dan patriotisme terdapat peningkatan presentase yang berbeda pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 84,4444% sangat tinggi. Sedangkan kelas kontrol presentase nilai rata-rata sebeessar 74,11111% berada pada kategori tinggi. Maka kesimpulannya Terdapat efektivitas yang tinggi pada penerapan model role palying terhadap penguatan nilai karakter pada pembelajarnan sejarah bagi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Seponti Kayong Utara.