Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru

Authors

  • Anggita Rizqi Perdana Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yasir Arafat Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Nuril furqan Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3113

Abstract

Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru

Berdasarkan pengamatan sementara masih ada beberapa guru yang tidak disiplin dalam menjalankan tugasnya, dan apakah ini dipengaruhi oleh kepemimpinan dan motivasi kerja kepala sekolah dari sekolah tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja kepala sekolahterhadap disiplin kerja guru di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaru kepemimpinan dan motivasi kerja kepala sekolah terhadap disiplin kerja kepala sekolah di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang yang berjumlah 60 tenaga pendidik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kolerasi product moment. Teknik pengumpulan data dengan angket. Dokumentasi untuk mengetahui data Guru. Observasi untuk mengetahui situasi dan kondisi pelaksanaan tugas mengajar guru di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Berdasarkan kriteria pengujian hhipotesis Ha di terima dan H0 di tolak karena Fhitung = (22,936) yang di dapat lebi besar dari Ftabel = (3,159). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan dan motivasi kerja kepala sekolah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap disiplin kerja guru. Disaran agar kepala sekolah dapat meningkatkan kepemimpinan dan motivasi kerja, serta para guru dapat meningkatkan disiplin kerjanya dalam hal tugas dan tanggung jawab.

Published

2024-01-01

How to Cite

Perdana, A. R., Arafat, Y. ., & furqan, N. (2024). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 154-160. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3113