Implementasi Interaksi Al-Qur’an dan Sains Melalui Laboratorium Ayat-Ayat Semesta
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3137Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: a) Untuk mengetahui interaksi al-Qur’an dan sains, b) Untuk mengetahui implementasi interaksi al-Qur’an dan sains melalui laboratorium Ayat-Ayat Semesta, c) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi interaksi al-Qur’an dan sains melalui laboratorium Ayat-Ayat Semesta di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen. penelitian ini adalah paradigma penelitian kualitatif menggunakan penelitian lapangan (field research). Sumber datanya hasil observasi, wawancara, dan angket subyek penelitian ini adalah informan penelitian yaitu kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif Miles and Huberman. Hasil temuan penelitian tidak ada dikotomi antara al-Qur’an dan sains. b) Implementasi merupakan suatu upaya untuk memberikan pembelajaran kepada santri sehingga santri memahami bahwa antara al-Qur’an dan sains tidak saling bertentangan (dikotomi) c) Faktor pendukung; peralatan yang digunakan pada laboratorium sangat lengkap, sumber rujukan sangat lengkap, guru berkompeten di bidang sains dan al-Qur’an, dan lingkungan pendidikan. Adapun yang menjadi faktor penghambat antara lain; pengamatan tergantung pada cuaca, beberapa pengamatan membutuhkan waktu yang lama untuk berdiri di bawah terik matahari, serta waktu pengamatan sering bersamaan dengan waktu kegiatan belajar dan mengajar sehingga waktu kegiatan belajar dan mengajar dikurangi.