Internalisasi Akhlak (Studi Kasus di Pondok Pesantren Margasari Cijawura Kota Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3138Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendiskripsikan metode pembelajaran akhlak yang dilakukan Pondok Pesantren Margasari Cijawura. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa daftar pertanyaan, rekaman audio, kamera foto. Sumber data terdiri dari Kyai, ustad, santri, orang tua santri dan sumber lain yang mendukung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah proses internalisasi akhlak yang dilakukan pondok pesantren Margasari Cijawura melalui berbagai metode meliputi peneladanan, penegakan aturan, pemotivasian, pembiasaan, Pepujian, wiridan. Dampak dari kegiatan pembelajaran akhlak yakni adanya perubahan yang positif walaupun belum optimal seperti yang diharapkan karena materi, metode dan teknik pembelajaran akhlak yang dilakukan oleh Ustad Pondok Pesantren Margasari Cijawura masih mengikuti tradisi pondok pesantren. Untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien, direkomendasikan agar kyai, ustad dalam pembelajaran harus mempertimbangkan teori-teori pendidikan.