Pengaruh Self Management terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3141Abstract
Penelitian ini menyelidiki pengaruh self management terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMPN 29 Jakarta. Melalui prosedur pengambilan sampel melalui teknik proportionate random sampling, sebanyak 48 sampel digunakan dalam metodologi kuantitatif korelasional penelitian ini. Untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan kuesioner/angket yang telah divalidasi dan diverifikasi menggunakan program Excel 2010 dan statistik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 22 for windows. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Self Management berpengaruh pada prokrastinasi akademik yang ditunjukkan dengan P 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Selain itu, kami memiliki temuan signifikan uji-T dari perhitungan regresi linier (Y = 142,035 - 0,666X). persamaan ini menunjukkan self management berpengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik dengan total pengaruh sebesar 70,9%, sedangkan 29,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam skala penelitian ini. Pengaruh negatif ini bermakna semakin menurunnya self management siswa, maka akan berpengaruh terhadap peningkatan prokrastinasi akademik siswa tersebut.