Remodeling Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3144Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain ulang Model Kooperatif Tipe JIGSAW dalam pembelajaran menulis Surat Dinas. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) dengan tahapan: 1) tahap pendahuluan, berisi kegiatan studi pustaka, studi lapangan, dan analisis hasil temuan; 2) tahap pengembangan, berisi kegiatan desain model, dan ujicoba model terbatas; dan 3) tahap evaluasi, berisi kegiatan dievaluasi hasil ujicoba model, lalu disempurnakan. Selanjutnya, hasil evaluasi ditetapkan sebagai model hipotetik, lalu diterapkan sebagai pemberlakuan I, berikutnya dievaluasi dan disempurnakan jika ada kelemahan. Hasilnya diterapkan kembali sebagai pemberlakuan II, lalu dievaluasi dan disempurnakan, demikian seterusnya sampai target terpenuhi. Hasil rancang ulang model kooperatif tipe JIGSAW efektif meningkatkan kemampuan siswa menulis surat dinas. Persentase peningkatan pada pemberlakuan I rata-rata 76%, pada pemberlakuan II rata-rata 89,25%, dan pada pemberlakuan III rata-rata 98%, sedangkan peningkatan aktivitas guru pada pemberlakuan I 70% kurang (K), 20% cukup (C), 0% baik (B), dan 0% sangat baik (SB), pada pemberlakuan II 10% kurang (K), 30% cukup (C), 50% baik (B), dan 10% sangat baik (SB), pada pemberlakuan III 0% kurang (K), 0% cukup (C), 20% baik (B), dan 80% sangat baik (SB). Hasil angket respon siswa dari 33 orang siswa memberikan respon positif “Ya” 97,83%, dan respon negatif “Tidak” 2,59%. Kesimpulan, remodelling pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW meningkatkan keterampilan menulis surat dinas siswa sekolah dasar.