Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar dengan Kegiatan Bermain Engklek di TK IT Al-Mufid

Authors

  • Masriah Masriah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Anisa Nuraini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Singgih Sugiarti Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Siti Soleha Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan motorik kasar melalui permainan tradisonal engklek pada anak melalui metode “Model ATIK” di TK IT Al-Mufid. Populasinya adalah anak kelompok kelas B berjumlah 14 anak. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penilitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Bahwa permainan engklek dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak usia dini, anak dapat melakukan permainan fisik dengan aturan dan anak dapat melakukan keseimbangan dalam bermain. Dari pengamatan peneliti disimpulkan bahwa “Model ATIK” (Amati, Tiru, dan Kerjakan) dalam kegiatan bermain engklek sangat efektif, karena dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak usia dini.

Published

2023-11-01

How to Cite

Masriah, M., Nuraini, A. ., Sugiarti, S. ., Soleha, S. ., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar dengan Kegiatan Bermain Engklek di TK IT Al-Mufid. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8481-8486. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3145