Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Bicara Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3147Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kepercayaan diri (X) terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di RA Fathatunnisa, Kota Bogor (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orangtua wali murid. Pengambilan data menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi sederhana. hasil penelitian mengungkapkan: (1) Persamaan Linear Regresi Y = 28,672 + 0,350 X (2) Kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap kemampuan berbicara anak usia dini (3) Uji signifikansi didapat persamaan garis regresi F hit lebih kecil dari 0,05 dengan demikian, regresi Y atau X adalah signifikan atau kepercayaan diri berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. (4) korelasi (rxy) = 0,152 dan Fhit (Fchange) = 5,041, dengan p-value lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, koefisien korelasi X dan Y adalah berarti atau signifikan. Sedangkan koefisien determinasi 0,152, yang mengandung makna bahwa 15,2 % variasi variabel Kemampuan Berbicara Anak dapat dipengaruhi oleh variabel Kepercayaan Diri.