Analisis Kebijakan Kurikulum Madrasah dan Madrasah Diniyah di Indonesia

Authors

  • Muhammad Fajar Fatihatur Rizki UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
  • Pratiwi Nur Zamzani Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Muhammad Fahreza UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3150

Abstract

Penelitian ini didasari oleh penelitian terdahulu mengenai arah kebijakan kurikulum madrasah dan madrasah diniyah di Indonesia yang identifikasi adanya perbedaan dalam pelaksanaannya dan terdapat kebijakan yang berbeda walaupun dalam satu naungan kementrian yang sama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan pendekatan studi pustaka sebagai data penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi yang menelusuri dari berbagai macam literatur serta analisis data menggunakan analisis kritis terhadap dokumen peneliitian. Hasil yang menunjukan dalam penelitian ini adalah perkembangan kebijakan madrasah dan madrasah diniyah di Indonesia sehingga menciptakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Published

2024-01-06

How to Cite

Rizki, M. F. F. ., Zamzani, P. N. ., & Fahreza, M. . (2024). Analisis Kebijakan Kurikulum Madrasah dan Madrasah Diniyah di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 809-816. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3150