Interaksi Sosial Anak Usia Dini di Sekolah Inklusi

Authors

  • Septiyani Endang Yunitasari Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Yayuk Winarsih Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Ni Putu Ari Susanti Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Raudhotul Jannah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3155

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya interaksi sosial pada anak usia dini berkebutihan khusus. Metode penelitian menggunakan systematic literature review, dengan mereview beberapa artikel yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial anak akan lebih optimal dengan dukungan dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah serta dapat berkembang dengan permainan kooperatif dengan aktivitas bermain anak yang melibatkan interaksi dengan teman sebaya dan masing-masing anak memiliki peran dalam permainan, baik yang diprogramkan oleh guru pendamping khusus sesuai yang tertuang dalam PPI (Program Pembelajaran Individu) di sekolah inklusi.

Published

2023-11-01

How to Cite

Yunitasari, S. E. ., Winarsih, Y., Susanti, N. P. A. ., & Jannah, R. . (2023). Interaksi Sosial Anak Usia Dini di Sekolah Inklusi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8615-8621. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3155