Pengaruh Inovasi Pendidikan terhadap Kualitas Peningkatan Layanan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3156Abstract
Pendidikan merupakan proses dimana seseorang akan dibentuk menjadi pribadi yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma dalam masyarakat dengan tetap berpegang pada tujuan pendidikan nasional. Dengan pendidikan yang baik, potensi kemanusiaan yang begitu kaya pada diri seseorang dapat terus dikembangkan. Pada tingkat sosial, pendidikan dapat mengantarkan seseorang pada pencapaian dan strata sosial yang lebih baik. Maka dari itu dibutuhkan suatu inovasi dalam pendidikan. Dengan adanya inovasi dalam pendidikan maka akan timbul hal-hal baru untuk menciptakan suatu perubahan yang dinamis dan mendukung kemajuan pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi pendidikan terhadap kualitas peningkatan pelayanan pendidikan dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang diterapkan yaitu analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa variabel kualitas peningkatan layanan dipengaruhi sebesar 0,691 atau 69,1% oleh variabel inovasi pendidikan dan dipengaruhi faktor lain yang tidak terdapat pada penelitian sebesar 30,9%.