Implementasi Media Pembelajaran IPS Berbasis YouTube dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3157Abstract
YouTube merupakan platform yang paling banyak digunakan karena mudah diakses oleh semua kalangan termasuk anak usia MI/SD. YouTube memiliki pengaruh terhadap pola pembelajaran. Pola pembelajaran dengan metode ceramah di kelas menyebabkan anak merasa monoton dalam belajar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji implementasi media YouTube terhadap peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi komunikasi kelas IV MI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kuasi eksperimen dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis berupa soal esai. Hasil penelitian menunjukkan pada uji normalitas nilai sig. Lebih kecil dari nilai alpha sehingga data tidak berdistribusi normal. Kemudian diuji dengan menggunakan uji mann whitney yang hasilnya menunjukkan implementasi media pembelajaran IPS berbasis YouTube dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dalam peneltiian selanjutnya untuk meneliti dengan sampel populasi yang lebih besar dengan materi yang berbeda.