Studi Kasus Minat Berkunjung Gen Z Ke Museum Wayang

Authors

  • Vinnieta Patricia Universitas Bunda Mulia, Indonesia
  • Vishnuvardhana S Soeprapto Universitas Bunda Mulia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3173

Abstract

Indonesia memiliki banyak budaya, dan salah satu tempat untuk menyimpan dan mengabadikan peninggalan tersebut adalah museum. Salah satunya adalah Museum Wayang yang menyimpan Budaya berupa koleksi Wayang dari berbagai wilayah di Indonesia. Namun, sayangnya museum dianggap kurang menarik dan salah satunya adalah Gen Z yang kurang tertarik bahkan tidak tahu akan adanya beberapa museum yang cukup terkenal di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, metode analisis yang digunakan adalah Studi Kasus, yaitu penelitian yang memiliki sifat eksak atau sulit diukur dengan angka. Narasumber yang ada dalam penelitian ini berjumlah 6 orang, yaitu 3 orang yang merupakan karyawan museum dan 3 orang yang merupakan pengunjung Gen Z dan dilakukan pada Museum Wayang
Kota Tua. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa Gen Z memang kurang tertarik atau kurang berinisiatif untuk nebgunjungi museum, namun mereka tetap akan berkunjung ke museum bila ada ajakan atau dorongan dari orang lain. Dan walaupun pihak pengelola museum sudah berusaha melakukan promosi, namun promosi tersebut kurang tersampaikan pada masyarakat terutama Gen Z. Penulis memiliki saran untuk melakukan tindakan yang dapat meningkatkan exposure yang dimiliki kepada masyarakat seperti dengan cara memberikan ornamen yang besar yang berhubungan dengan wayang pada area depan museum, mendaftarkan centang biru untuk semua akun sosial media yang dimiliki oleh Museum Wayang, serta seara aktif untuk membuat pengunjung memfollow akun sosial media yang dimiliki oleh Museum Wayang.

Published

2023-11-04

How to Cite

Patricia, V. ., & Soeprapto, V. S. . (2023). Studi Kasus Minat Berkunjung Gen Z Ke Museum Wayang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9304-9309. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3173