Strategi Komunikasi Pemasaran Optimum Nutrition Melalui E-Marketplace pada Paska Pandemi

Authors

  • Alivia Noer Fitriani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Saifuddin Zuhri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3180

Abstract

E-marketplace telah menjadi solusi bagi para pebisnis, terutama pada era paska pandemi di mana masyarakat sudah familiar dengan penggunaannya sebagai alternatif pembelian yang lebih efisien. Optimum Nutrition, yang biasa disingkat sebagai ON, selaku brand global juga mengutamakan e-marketplace dalam aktivitas pemasarannya. Strategi komunikasi pemasaran dalam e-marketplace ini dapat dilakukan melalui pemanfaatan fitur-fiturnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran produk ON melalui e-marketplace di era paska pandemi. Penelitian ini menggunakan teori AISAS melalui pendekatan kualitatif dengan sumber data dari wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah produk ON telah menggunakan strategi komunikasi pemasaran melalui pemanfaatan fitur-fitur e-marketplace seperti official store, voucher promosi, konten, ads, live streaming, dan pesan broadcast dengan menekankan model AISAS. Ditemukan pula bahwa pemanfaatan fitur sebagai strategi komunikasi pemasaran ON berlangsung cukup optimal, kecuali untuk live streaming dan konten yang perlu lebih dioptimalkan lagi akibat minim penggunaan yang berimbas pada minimnya trafik.

Published

2023-11-01

How to Cite

Fitriani, A. N. ., & Zuhri, S. . (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Optimum Nutrition Melalui E-Marketplace pada Paska Pandemi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8635-8645. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3180