Pergeseran Etika Komunikasi Murid terhadap Guru melalui Media Perantara Daring dalam Sistem Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19

Authors

  • Muhammad Farhan Ramadhan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Ririn Puspita Tutiasri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3185

Abstract

Pendidikan luring pada masa pasca pandemi COVID-19 telah menyisakan dampak yang signifikan terhadap gaya komunikasi antara murid dan guru. Keadaan ini telah menyebabkan penurunan kualitas etika komunikasi murid terhadap guru ketika saat ini pembelajaran kembali dilaksanakan secara luring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mewawancarai guru dan murid di SMP Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pergeseran etika komunikasi yang menurun antara murid dan guru melalui media perantara daring. Penurunan ini terjadi karena kurangnya pendidikan karakter yang optimal selama kurang lebih dua tahun pembelajaran daring. Murid kesulitan membedakan etika komunikasi yang sesuai ketika berinteraksi dengan guru dan teman sebaya melalui media daring. Akibatnya, murid cenderung menggunakan etika komunikasi yang kurang baik saat berkomunikasi dengan guru. Penemuan ini menyoroti pentingnya pendidikan karakter yang diperoleh melalui interaksi langsung antara murid dan guru dalam memperbaiki etika komunikasi dalam konteks pembelajaran daring.

Published

2023-11-01

How to Cite

Ramadhan, M. F. ., & Tutiasri, R. P. . (2023). Pergeseran Etika Komunikasi Murid terhadap Guru melalui Media Perantara Daring dalam Sistem Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8675-8683. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3185