Pengaruh Minat Belajar dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 3 Tanah Putih

Authors

  • Titin Rahayu Universitas Riau, Indonesia
  • Sri Kartikowati Universitas Riau, Indonesia
  • R. M. Riadi Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Tanah Putih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 3 Tanah Putih Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan jenis Sampling Jenuh semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel yaitu berjumlah 89 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, data yang terkumpul kemudian ditabulasi dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hal ini dapat dilihat dari nilai Constant sebesar 78,178, nilai koefisien variabel minat belajar sebesar 0,833 dan koefisien perilaku belajar yaitu sebesar 0,855. Maka dapat disimpulkan bahwa arah hubungan yang dimiliki variabel minat belajar dan perilkau belajar terhadap prestasi belajar memiliki hubungan yang positif dan uji normalitas data bertujuan untuk mengukur apakah dalam model regresi variabel independen dan variabel dependen apakah keduannya mempunyai distribusi normal atau mendekati normal maka dapat dilihat dari nilai uji Kolmogorov-Smirnov (K-S) dapat diketahui bahwa nilai signifikan  variabel minat belajar (X?) yaitu sebesar 0,246, variabel perilaku belajar (X?) yaitu sebesar 0,106 variabel prestasi belajar (Y) sebesar 0,074. Jika nilai lebih besar dari 0,05 (Sig > 0,05). Maka dari pada itu dapat disimpulkan bahwa data minat belajar, perilaku belajar dan prestasi belajar tersebut berdistribusi normal.

Published

2024-01-05

How to Cite

Rahayu, T. ., Kartikowati, S. ., & Riadi, R. M. . (2024). Pengaruh Minat Belajar dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 3 Tanah Putih. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 683-690. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3193