Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 1 Sentajo Raya

Authors

  • Ella Nurdianti Universitas Riau, Indonesia
  • RR Sri Kartikowati Universitas Riau, Indonesia
  • Gimin Gimin Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Sentajo Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sentajo Raya dengan sampel sebanyak 60 siswa. Siswa kelas X2 diajar dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan flipped classroom dan siswa kelas X1 diajar dengan model konvensional. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas tes menggunakan uji t. Hasil pengujian kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian peneliti memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan flipped classroom adalah 96,67% dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi model pembelajaran konvensional adalah 56,67%. Untuk uji hipotesis digunakan uji Paired Sample T Test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa H? diterima dan H0 ditolak, artinya ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMAN 1 Sentajo Raya.

Published

2024-01-02

How to Cite

Nurdianti, E. ., Kartikowati, R. S. ., & Gimin, G. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 1 Sentajo Raya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 256-263. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3194