Pengaruh Penggunakan Pembelajaran Informal Kooperatif Berbantuan Aplikasi Schoology terhadap Minat Siswa dalam Belajar

Authors

  • Rakhmatul Ummah STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Rizalul Fiqry STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.321

Abstract

Peningkatan jumlah kasus positif di indonesia akibat covid 19 membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa (Kemendikbud) merekomendasikan cara untuk menurunkan penyebaran virus dengan melakukan pembelajaran secara online, dimana aktivitas pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Pendidik percaya bahwa pembelajaran online memiliki banyak kesempatan dalam memberikan pembelajaran yang kondusif, dan lingkungan yang relevan dengan karakteristik peserta didik, penelitian ini mengeksplorasi pengaruh pembelajaran kooperatif  terhadap hasil belajar peserta didik ditinjau dari minat belajar. Model pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah Think Write Pair Share (TWPS) yang diintegrasikan ke dalam Learning management system (LMS) yang berupa aplikasi Schoology untuk mengukur minat siswa dalam belajar Fisika, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan model desain pre-test post-test control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Semua kelompok diberikan pre-test (instrumen untuk mengukur hasil belajar) dan angket minat belajar menggunakan model ARCS (attention, relevance, confidence, and satisfaction). semua kelompok diberikan posttest dan angket minat belajar. Tahap terakhir adalah pengolahan data dan analisis data menggunakan ANCOVA, hasilnya pembelajaran kooperatif TPS berbantuan Schoology dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan taraf signifikansi 0,005.

Published

2021-11-19

How to Cite

Ummah, R., & Fiqry, R. (2021). Pengaruh Penggunakan Pembelajaran Informal Kooperatif Berbantuan Aplikasi Schoology terhadap Minat Siswa dalam Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 615-620. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.321