Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah: Dampaknya terhadap Pemahaman Agama, Nilai Moral, Psikologi dan Sosial

Authors

  • Bima Fandi Asy'arie UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nazula Indana Maulidah Institut Agama Islam Darussalam, Indonesia
  • Esa Nurwahyuni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Sulalah Sulalah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3215

Abstract

Kebijakan pendidikan agama islam merupakan kerangka regulasi yang mengatur pengajaran, kurikulum, dan praktik pendidikan agama Islam dalam sistem pendidikan suatu negara. Kebijakan ini bertujuan untuk menghantarkan pemahaman agama yang seimbang, nilai-nilai moral, psikologi, dan keberagaman dalam masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengalisis terkait kebijakan pendidikan agama Islam di sekolah dan madrasah serta dampaknya terhadap pemahaman agama, nilai moral, psikologi dan sosial pada siswa. Kemudian peneliti membatasi hanya pada jenjang pendidikan menengah pertama (SMP/MTs). Adapun jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan (library research). Hasil dalam penelitian ini untuk menggali keterkaitan (1) Dampak kebijakan PAI di sekolah dan madrasah terhadap pemahaman agama siswa, (2) Dampak kebijakan PAI di sekolah dan madrasah terhadap nilai moral siswa, (3) Dampak kebijakan PAI di sekolah dan madrasah terhadap psikologi siswa, (4) Dampak kebijakan PAI di sekolah dan madrasah terhadap sosial siswa.

Published

2024-01-02

How to Cite

Asy’arie, B. F., Maulidah, N. I. ., Nurwahyuni, E. ., & Sulalah, S. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah: Dampaknya terhadap Pemahaman Agama, Nilai Moral, Psikologi dan Sosial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 264-277. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3215