Analisa Performa Peralatan Laboratorium Terhadap Capaian Pembelajaran Taruna Sekolah Penerbangan

Authors

  • Zulina Kurniawati Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Indonesia
  • KGS Ismail Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Indonesia
  • Sukarwoto Sukarwoto Politeknik Penerbangan Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3219

Abstract

Peningkatan dan pengembangan pengetahuan serta kemampuan taruna Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (PPIC) salah satunya dapat dilakukan dengan upaya proses pembelajaran melalui sarana penunjang yaitu laboratorium yang di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas atau peralatan. Dalam penggunaan peralatan, kemampuan para taruna nantinya akan menjadi tolak ukur dari performa peralatan itu sendiri. Tersedianya beberapa peralatan yang ada pada laboratorium dengan teknologi canggih menggunakan teknologi informasi yang membantu penggunaannya menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Pada penelitian ini digunakan konsep human computer interaction (HCI) yaitu suatu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi di antara pengguna dengan sistem. Populasi dalam penelitian ini adalah taruna tingkat 1 sampai tingkat 4 dari berbagai prodi.  Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa performa peralatan di laboratorium PPIC terhadap capaian pembelajaran taruna telah dibuktikan dari hasil survei yang menyatakan bahwa taruna sudah paham/handal dalam mengoperasikan peralatan yang ada dengan waktu kurang dari satu tahun.

Published

2024-01-08

How to Cite

Zulina Kurniawati, Ismail, K. ., & Sukarwoto, S. (2024). Analisa Performa Peralatan Laboratorium Terhadap Capaian Pembelajaran Taruna Sekolah Penerbangan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 980-987. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3219