Analisa Metode Penangulangan Kerusakan Penurunan Setempat (Depresion) pada Mata Kuliah Pemeliharaan Prasarana Bandar Udara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3220Abstract
Genangan di landas pacu 24-06 Bandar Udara International Juwata Tarakan secara keseluruhan memiliki 32 titik genangan dengan total luasan genangan 1.073,435 m2 yang hanya menutupi 1,06% dari keseluruhan landas pacu serta memiliki kedalaman genangan terdalam disetiap sepertiga landas pacu sesuai derajat kerusakan yaitu sedang pada STA 0+000 – 0+750 dan 1+500 – 2+250 hingga berat pada STA 0+750 – 1+500. Oleh karena itu diperlukan metode penangulangan genangan air yang sesuai dengan kondisi landas pacu Bandar Udara International Juwata Tarakan yaitu dengan cara mengunakan salah satu metode penangulangan genangan air yang diantaranya Metode Kegiatan Pelapisan Ulang atau Lapis tambahan (Overlay), Metode Penambalan (Patching), Pelapisan Slurry Seal Aspal Emulsi Tipe CSS-1h, CQS-1h dan SS-1h pada Titik Genangan.