Perspektif Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing

Authors

  • Rosmania Rima Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Yuyu Yuhana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Maman Fathurrohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3236

Abstract

Berpikir kritis adalah kemampuan berpikir dengan jernih dan rasional mengenai apa yang harus dilakukan atau dipercayai. Dalam beberapa tahun terakhir, pentingnya mempromosikan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif dalam pendidikan telah diakui secara luas. Berpikir kritis sangat penting dalam menyelesaikan suatu persoalan dan bisa menumbuhkan suatu inovasi baru. Berpikir kritis dalam konteks pendidikan bahasa asing menyangkut kegiatan berbahasa yang mendorong siswa melakukan interpretasi, kolaborasi dalam latihan penggunaan bahasa asing, menggunakan konvensi dalam kemampuan menulis, menerapkan pengetahuan budaya, memecahkan masalah tentang topik yang dibicarakan, merefleksi penggunaan bahasanya dan menciptakan wacana. Berpikir kritis dan kreatif merupakan perwujudan dari keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berpikir kritis juga sangat penting dalam pembelajaran sebab dalam pembelajaran tersebut siswa dituntut untuk mengalisis suatu gagasan dan berpikir secara kritis dan objektif tentang suatu masalah dan menyajikan argumen yang dibangun dengan baik. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa sebaiknya lebih ditekankan kepada pembelajaran bahasa yang melatih para peserta didik dalam meningkatkan keterampilan berbahasanya, melatih cara berpikir yang baik menggunakan bahasa yang baik dan tepat, melatih kompetensi kebahasaannya untuk modal peserta didik dalam berpikir dan berkomunikasi.

Published

2024-01-05

How to Cite

Rima, R. ., Yuhana, Y. ., & Fathurrohman, M. . (2024). Perspektif Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 754-763. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3236