Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Bintara Depok
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3241Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk “mengetahui pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap berpikir kritis siswa dalam domain pendidikan geografi. Penelitian dilakukan terhadap sampel yang mewakili siswa yang terdaftar di kelas XI IPS di SMA Bintara Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis dan penyelidikan terhadap fenomena keanekaragaman budaya di Indonesia. Partisipan penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI IPS di SMA Bintara Depok pada tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian dikelompokkan menjadi dua kelompok yang berbeda: kelompok eksperimen yang dinyatakan sebagai kelas XI IPS 1, dan kelompok kontrol yang dinyatakan sebagai kelas XI IPS 2. Proses pengumpulan data dilakukan melalui alat tes esai. Metodologi analisis data mencakup penggunaan berbagai uji statistik, seperti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sample T-test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan pendekatan pembelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Kelompok eksperimen menunjukkan skor rata-rata yang jauh lebih tinggi” yaitu 77,48 dalam kategori klasifikasi kritis, dibandingkan dengan skor rata-rata kelompok kontrol sebesar 58,14 dalam kategori klasifikasi cukup kritis.