Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3250Abstract
Kegiatan penelitian ini dilakukan guna mengetahui efektivitas model Two Stay Two Stray dan model pembelajaran Think Pair Share guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian yang dijadikan sebagai acuan pada kegiatan penelitian ini ialah penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group. Sebanyak 250 peserta didik kelas 5 SD pada Gugus Gajah Mada, Kota Salatiga dijadikan sebagai populasi dalam kegiatan penelitian ini. Namun hanya 78 peserta didik dari SD Negeri Dukuh 01, SD Negeri Dukuh 03, dan SD Negeri Kecandran 1 yang digunakan sebagai sampel penelitian. Hasil pengolahan data menggunakan uji T-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan nilai signifikansi dari kedua model tersebut. Hasil tersebut juga di dukung dengan perbedaan hasil kenaikan nilai rerata kelas pada kelompok eksperimen 1 sebesar 24,18 sedangkan pada eksperimen 2 sebesar 18. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 5 SD menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray memiliki tingkat efektivitas lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Think Pair Shar.