Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3265Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI An-Nihrir beserta peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan tersebut. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif dan mengamati 5 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Pengempulan data dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dolumntasi. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di MI An-Nihrir dengan kondisi yang berbeda-beda, diantaranya adalah siswa mengalami kesulitan membaca dengan kondisi pembalikan huruf, pengucapan kata yang salah, membaca dengan tersendat-sendat dan membaca dibantu oleh guru. Untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan, guru berperan sebagai innovator, fasilitator, pengajar dan motivator.