Analisis Kesulitan dalam Menulis Karangan Bagi Peserta Didik Kelas IV di SDN 03 Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Nini Fitriani Universitas Mataram, Indonesia
  • Dyah Indraswati Universitas Mataram, Indonesia
  • Nurul Kemala Dewi Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3279

Abstract

Kesulitan dalam menulis merupakan kesulitan dalam proses penulisan maupun ejaan yang melibatkan aspek fisik dalam mengungkapkan hasil ekspresi, pikiran, perasaan, dan ide dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis yang dialami peserta didik kelas IV SDN 03 Ampenan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara kepada peserta didik. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Responden pada penelitan ini berjumlah 8 orang yaitu peserta didik yang kesulitan dalam menulis karangan yang berasal dari kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kesulitan menulis karangan peserta didik pada aspek tema, ide pokok, struktur tulisan, gaya penulisan, tata bahasa, penulisan yang kreatif. Adapun faktor eksternal yaitu faktor guru dan tersedianya sarana dan prasaranan.

Published

2023-11-05

How to Cite

Fitriani, N. ., Indraswati, D. ., & Dewi, N. K. . (2023). Analisis Kesulitan dalam Menulis Karangan Bagi Peserta Didik Kelas IV di SDN 03 Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9401-9408. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3279