Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengajarkan Wirausaha Kepada Siswa SD

Authors

  • Dea Azzahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Egita Dwisari Indriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3335

Abstract

Karakter kewirausahaan tidak akan muncul secara tiba-tiba melainkan melalui suatu proses yang panjang, khususnya bagi orang yang belum mempunyai pengalaman, sehingga pihak sekolah perlu mendorong pengembangan jiwa, karakter, dan kemampuan para siswa. Semakin dini jiwa, watak atau perilaku wirausaha diperkenalkan dan dibentuk melalui pendidikan, maka semakin besar kemungkinan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berjiwa wirausaha. Penelitian ini melakukan analisis data secara mendalam dari hasil literatur terkait strategi pembelajaran berbasis masalah untuk mengajarkan wirausaha pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini mengambil data dari sumber sekunder atau data yang didapatkan dari dari bahan-bahan kepustakaan seperti situs web, buku-buku ilmiah, dan jurnal-jurnal nasional maupun internasional. Wirausaha yakni sebuah mengelola usaha yang dikembangkan oleh seseorang. Wirausaha dapat dikenalkan pada siswa sekolah dasar guna memunculkan kreativitas atau ide-ide, siswa juga dapat mengeksplorasikan kreasi yang dimiliki dalam menciptakan pemahaman dan keterampilan sebagai wirausaha.

Published

2024-01-03

How to Cite

Azzahra, D., Indriani, E. D. ., & Rustini, T. . (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengajarkan Wirausaha Kepada Siswa SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 483-486. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3335