Implementasi Metode Karimah dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Rumah Qur’an Ibnu Abbas Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3375Abstract
Implementasi Metode Karimah dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Rumah Qur’an Ibnu Abbas Karanganyar
Artikel ini membahas penerapan Metode Karimah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an pada anak-anak, khususnya dalam mempelajari kaidah ilmu tajwid yang sering diabaikan. Tujuannya adalah meneliti langkah-langkah penerapan metode ini dan faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Implementasi Metode Karimah di Rumah Qur’an Ibnu Abbas terbukti efektif dan memberikan dampak positif. Meski menghadapi tantangan, penelitian mengidentifikasi solusi untuk meningkatkan sistem, mendukung tenaga pengajar, melibatkan orangtua, dan memahami kebutuhan anak secara individu. Temuan menunjukkan potensi besar Metode Karimah dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an di lembaga pendidikan seperti Rumah Qur’an Ibnu Abbas, dengan solusi yang dapat menjadi landasan untuk perbaikan lebih lanjut dalam pendidikan agama anak-anak.