Menggali Potensi Lokal galam Pendidikan: Pengembangan Tes Tipe Timss Berkarakter Rumah Adat Radakng Kalimantan Barat
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3419Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan tes matematika tipe TIMSS berkarakter rumah adat radakng Kalimantan Barat dan potensi nilai edukatifnya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap budaya lokal dan kompetensi matematika. Penelitian Research and Development model formative reseacrh yang terdiri dari 3 tahap, yaitu Self Evaluation, Prototyping dan Field Tes pengembangannya memperhatikan analisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa dan guru SMP di 13 Kecamatan di Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Draf tes matematika tipe TIMSS berkarakter rumah radakng Kalbar yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Landak terlihat dari rata-rata tes adalah 76,54 %. Hasil validasi ahli diperoleh ????? = 3,32 berada pada interval (2,5 < V < 3,5) tergolong dalam kategori “valid” baik dari aspek isi, konstruk dan bahasa. Pencapaian hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil field tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,36 dimana nilai rata-rata tersebut tergolong dalam kategori baik.