Konsep Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menurut Perspektif Ki Hadjar Dewantara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3456Abstract
Pendidikan karakter di sekoah dasar menjadi fokus utama dalam mendukung pembentukan kepribadian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep pendidikan karakter di seklah dasar dalam perspektif Ki Hadhar Dewantara dengan mempertimbangkan perkembangan teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian konseptual, yang melibatkan analisis konsep secara mendalam untuk menggali pemahaman yang lebih baik. Ki Hadjar Dewantara, sebagai tokoh pendidikan Indonesia memiliki pandangan khas terkait pendidikan karakter. Pedidikan karakter menurut perspektif Ki Hadjar Dewantara tidak ahnya mencakup aspek moral, tetapi juga melibatkan pembentukan kepribadian yang utuh, termaksud kretivitas, kepemimoinan, dan kemandirian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi pendidik di sekolah dasar dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dengan teknologi, sehingga pembentukan karakter anak dapat tetap optimal ditengah arus kemajuan teknologi.