Menganalisis Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Platform Moodle Pasca Covid-19 (Sebuah Kajian: Systematic Literature Review)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3479Abstract
Pembelajaran Bahasa Inggris pasca COVID-19 dilakukan secara daring atau online. LMS moodle salah satu lms yang gemar digunakan oleh lembaga pendidikan, karena akses gratis, keamanan kemampuan pengamatan proses pembelajaran, data statistic pencapaian hasil belajar siswa dapat diakses secara otomatis, penyimpanan jangka panjang merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki moodle sebagai pendukung proses belajar bahasa inggris. Pada penelitian ini menganalisis pembelajaran bahasa inggris berbasis moodle dengan metode SLR (Systematic Literature Review). Dengan melakukan pencarian database secara sistematis, mulai dari tahun 2019-2023 dengan total artikel yang diperoleh 178. Dengan panduan PRISMA seluruh artikel diproses screening didapatkan 16 artikel yang memenuhi Research Question (RQ) yang telah peneliti rumuskan. Dari hasil analisis berdasarkan dua RQ didapatkan hasil bahwa (1) penggunaan moodle dalam pembelajaran bahasa inggris efektif digunakan dalam pembelajaran; (2) penggunaan moodle dalam pembelajaran bahasa inggris menunjukkan hasil yang signifikan meningkat, untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris, serta sebagai alat bantu dalam pembelajaran bahasa inggris.