Akhlak dalam Pendidikan Islam Menurut Q.S Al-Baqarah: 258-260 Prespektif Al-Baghawi

Authors

  • Muhammad Fuad Ikhwansyah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Hamidah Hamidah Institut Agama Islam Palangka Raya, Indonesia
  • Akhmad Supriadi Institut Agama Islam Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3496

Abstract

Akhlak dalam pendidikan Islam adalah salah satu bagian dari pendidikan Islam itu sendiri. Sebab akhlak merupakan bagian yang menopang dari penerapan ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat. Melihat keadaan pendidikan Islam saat ini, akhlak yang ada baik pada para pendidik maupun peserta didik sangat memprihatinkan. Hal ini mendorong peneliti untuk menelaah akhlak yang terkandung pada Q.S. Al-Baqarah ayat 258-260 menurut Imam Abu Muhammad al-Baghawi dalam tafsir beliau Ma’alim at-Tanzil. Pemilihan ayat ini dikarenakan padanya terdapat kisah yang penuh hikmah yaitu kisah uzair, nabi Irmiya, dan nabi Ibrahim. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini berupa studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Adapun analisis data menggunakan dua metode yaitu content analysis dan metode maudhu’i. hasil dari penelitian ini adalah bahwa para ulama sangat menekankan pentingnya akhlak terlebih dalam dunia pendidikan. Akhlak yang terkandung dalam Q.S. al-Baqarah ayat 258-260 perspektif imam Abu Muhammad al-Baghawi diantaranya adalah tawaduk, giat menambah ilmu, mampu menjadi panutan atau teladan, amr ma’ruf nahi munkar, dan penuh kelembutan serta kasih sayang. Peneliti berharap agar para pendidik bisa menerapkan kelima akhlak mulia tersebut dan menanamkannya ke diri para peserta didik serta menambah dengan akhlak mulia lainnya.

Published

2024-03-06

How to Cite

Ikhwansyah, M. F., Hamidah, H., & Akhmad Supriadi. (2024). Akhlak dalam Pendidikan Islam Menurut Q.S Al-Baqarah: 258-260 Prespektif Al-Baghawi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2165-2174. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3496