Peningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Melalui Implementasi Teori Konstruktivisme Piaget pada Siswa Kelas X-A SMA
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3503Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa X-A SMA 2 Malang dan menganalisis peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa melalui teori belajar konstruktivisme Jean Piaget terhadap hasil belajar siswa X-A SMA 2 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data yang diperoleh nantinya akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berasal dari hasil observasi,wawancara dan hasil angket yang nantinya akan dideskripsikan secara kualitatif sedangkan data kuantitatif berasal dari nilai hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis teks eksposisi. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan teori konstruktivisme piaget mengalami adanya peningkatan. Dapat dilihat dari nilai rata-rata pada hasil belajar siswa siklus I adalah 72,72 dan nilai rata-rata pada hasil belajar siswa siklus II adalah 80,5. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode belajar konstruktivisme ini membuat peningkatan dalam nilai rata-rata hasil belajar siswa di pembelajaran bahasa indonesia khususnya menulis teks eksposisi.