Strategi Eksistensi SMPN 4 Kota Semarang dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3545Abstract
Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan dapat memberikan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk hidup. Pendidikan juga dapat membantu manusia untuk mengembangkan potensinya dan menjadi manusia yang bermartabat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi eksistensi SMPN 4 Kota Semarang dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan Fenomena Manajemen terkait permasalahan sistem zonasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (indepth interview), observasi, dan data sekunder (studi dokumentasi, buku-buku, surat kabar, arsip, makalah yang berhubungan dengan penelitian). Analisis data dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif pada prinsipnya berproses secara Analisis Deskriptif (content analysis), menggunakan studi kasus dengan mengutamakan fenomena permasalahan yang sedang dihadapi saat ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMPN 4 Semarang memiliki organisasi yang terstruktur dengan baik, dan memiliki Pendidikan karakter yang melekat dan diterapkan oleh siswa setiap harinya baik di sekolah maupun di rumah.