Pengembangan Desain Pembelajaran PAI “Pendidikan Agama Islam Abad 21: Genealogi, Karakteristik dan Metode”
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3552Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui genealogi, karakteristik dan metode pengajaran yang relevan dalam menghadapi tantangan pada abad 21. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka (library research). Adapun hasil dari penelitian ini antara lain: (1). Genealogi adalah narasi sejarah yang menjelaskan aspek kehidupan manusia dengan menunjukkan bagaimana sesuatu itu muncul dan menjadi ada. Narasi boleh jadi berdasarkan fakta atau mungkin bukan fakta bersifat spekulatif, tetapi mengandung unsur sejarah. (2). Karakteristik pembelajaran seperti, integrative, holistic, saintific, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif dan terpusat pada peserta didik sebagai center dalam pembelajaran. Empat Keterampilan dalam menghadapi abad 21 yakni: critical thinking, communication, collaboration, Creativity. Kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik dengan teori 5M: mengamati, menanyakan, mengumpulkan data menegosiasi dan mengkomunikasikan, (3). Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada abad 21 seperti: Pendekatan pembelajaran berbasis teknologi, pendekatan pembelajaran kolaboratif, pendekatan pembelajaran berbasis masalah, pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman, pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, pendekatan pembelajaran berbasis proyek, pendekatan pembelajaran berbasis interaktif, pendekatan pembelajaran berbasis pengajaran inklusif, pendekatan pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai dan etika.