Pengoptimalan Sikap Sosial Siswa SMP melalui Media Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3559Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah menggunakan media berbasis permainan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan upaya mengoptimalkan sikap sosial siswa melalui media berbasis permainan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, sedangkan metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dan dengan menggunakan teknik analisis isi, serta sumber data dalam penelitian ini menggunakan siswa SMP yang mempelajari pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil analisis sumber data dari siswa SMP yang mempelajari bahasa Indonesia maka diketahui bahwa sikap sosial dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam menggunakan media permainan dapat lebih fokus dalam pembelajaran dan siswa akan merasa tanggung jawab atas pembelajaran tersebut. Jadi dari pembelajaran bahasa Indonesia tersebut dapat membantu dalam pembentukan sikap sosial siswa SMP. Serta hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa berpendapat pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media berbasis permainan dapat mengoptimalkan sikap sosial siswa di kehidupan sehari-hari mereka salah satunya yaitu pembelajaran bahasa Indonesia ini siswa juga mendapatkan hasil yang sangat berdampak dalam menambah pengetahuan mengenal dirinya, kebudayaan dan lingkungan sekitar.