Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa

Authors

  • Nadia Agustine Azhari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3580

Abstract

Menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom sudah menjadi perhatian utama dalam Upaya meningatkan kualitas Pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mendalami dan menganalisis akibat yang terjadi setelah menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa dan kepercayaan diri siswa di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Siswa dalam kelompok eksperimen diberikan akses lebih dulu pada materi pembelajaran melalui pembelajaran online sebelum pertemuan di dalam kelas. Sementara kelompok kontrol menerima pembelajaran secara konvensional di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Flipped Classroom secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, terlihat peningkatan yang berarti dalam tingkat kepercayaan diri siswa melalui keterlibatan aktif dalam diskusi, kolaborasi dan refleksi mandiri. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis dan teoritis tentang potensi Flipped Classroom sebagai startegi pembelajaran yang inovatif dalam merangsang hasil belajar dan mengembangkan kepercayaan diri siswa.

Published

2024-03-06

How to Cite

Azhari, N. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2288-2292. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3580