Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Permainan Bola Basket melalui Model Pembelajaran Savi (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual)

Authors

  • Budi Prasetyo Guru PJOK SMP Negeri 4 Gresik

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.362

Abstract

Pelaksanaan PTM yang setelah sebelumnya pembelajaran dilakukan secara daring (online), maka perlu untuk membangun imun atau daya tahan tubuh siswa dalam menghadapi masa pandemi yang masih berjalan dengan daya tahan dan tubuh yang sehat. Teknik dasar seperti drible, passing, dan shooting sangat penting untuk diajarkan agar gerakan-gerakan yang dilakukan peserta didik dapat lebih efektif dan efisien. Akan tetapi masih banyak siswa yang tidak tuntas dalam penilaian shooting freethrow khususnya kelas VII-C, sehingg PTK ini bertujuan untuk memberikan sebuah deskripsi/gambaran tentang peningkatan keaktifan siswa dalam permainan Bola Basket melalui model pembelajaran SAVI. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sekolah menengah pertama pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Gresik, dilakukan saat PTM semasa masa transisi pandemi, dengan dua siklus PTK. penguasaan materi shooting yang menunjukkan aktivitas siswa meningkat yaitu pada siklus II sebagian besar siswa mendapatkan kriteria sangat baik, menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VII C dapat ditingkatkan dengan adanya penerapan  model pembelajaran SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Intelektual)d alam proses pembelajarannya.

Published

2021-12-10

How to Cite

Prasetyo, B. (2021). Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Permainan Bola Basket melalui Model Pembelajaran Savi (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 881-887. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.362