Pengembangan Model Dukungan Orang Tua terhadap Santri dalam Meningkatkan Prestasi Akademik di Pondok Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3621Abstract
Penelitian ini menginvestigasi model dukungan orang tua dalam perkembangan holistik santri di pondok pesantren melalui tiga dimensi utama dukungan orang tua, yaitu dukungan emosional, dukungan informasional, dan dukungan instrumental, dan menganalisis bagaimana integrasi ketiga dimensi ini menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan santri. Metode penelitian yang digunakan adalah Studi Kepustakaan (Library Research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model integrasi ketiga dimensi dukungan orang tua membentuk dasar kuat untuk mencapai prestasi akademik yang optimal dan perkembangan holistik. Dukungan orang tua yang komprehensif memengaruhi perkembangan keterampilan sosial, motivasi intrinsik, dan pengetahuan santri, sehingga mereka dapat tumbuh sebagai individu yang berkualitas dan mampu memberikan dampak pada hasil akademik santri selama di pondok pesantren.