Analisis Penerapan Project Based Learning Approach dalam Pembelajaran On-Line dimasa Pandemi Covid 19

Authors

  • Tri Kurniawati IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Sahrawi Sahrawi IKIP PGRI Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.363

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Bahasa Inggris, On line

Abstract

Project based learning merupakan suatu pendekatan yang menekankan peserta didik sebagai student-centred dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana mahasiswa semester 2 menjadi sample penelitian yang dipilih secara purposive. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penerapan pendekatan project based learning serta efek terhadap mahasiswa dalam kelas public speaking yang dilaksanakan secara online. Data dalam penelitan ini dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Terdapat 12 mahasiswa yang menjadi partisipan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan pendekatan project based learning. Mereka merasa dapat belajar sambil mengerjakan tugas. Penggunaan pendekatan ini membuat mahasiswa menjadi termotivasi dalam mengikuti perkuliahan, kemampuan mereka menjadi lebih baik dalam autonomous learning, menyusun ide atau tugas, bekerjasama dengan teman, menyampaikan ide kepada orang lain atau komunikasi, dan memecahkan masalah. Tetapi ada beberapa kendala yang harus diminimalisir yaitu besarnya biaya penggunaan kuota, jaringan yang tidak stabil, serta mahasiswa yang terkadang bosan karena harus menatap layar HP atau laptop sepanjang pembelajaran.

Published

2021-12-10

How to Cite

Kurniawati, T., & Sahrawi, S. (2021). Analisis Penerapan Project Based Learning Approach dalam Pembelajaran On-Line dimasa Pandemi Covid 19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 888-892. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.363