Evektivitas Pelatihan Guru dalam Pembuatan Instrumen Pembelajaran pada Puzzle Maker

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3631

Abstract

Literasi teknologi merupakan hal yang harus dikuasai oleh guru dan murid. Digitalisasi berimbas pada semua aspek pembelajaran yang akan dapat membantu guru dalam mempermudah dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Keterampilan abad 21 yang tidak dimiliki seorang guru akan menbuat siswa jauh lebih tertinggal dalam literasi teknologi. Teknologi berkembang semakin pesat, sedangkan pembelajaran teknologi kepada siswa malah semakin jauh, hal ini membuat terjadinya kesenjangan antara teknologi dengan pemanfaatanya. Maka dari itu, Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekolah mitra dengan dilakukanya pelatihan penggunaan Puzzle Maker sebagai assesmen yang dapat digunakan oleh guru pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk melihat kompetensi guru sebelum mengikuti pelatihan pembuatan puzzle maker, (2) mengetahui kompetensi guru setelah mengikuti pelatihan membuat instrument pada puzzle maker. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Guru SDN 1 Landungsari. Penelitian ini tidak mengambil sampel secara khusus, dikarenakan jumlah guru di SDN 1 Landungsari hanya 26, maka teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Hasil dari penelitian ini adalah adanya perbedaan signifikan antara kompetensi guru sebelum diberikan pelatihan puzzle maker dan sesudah diberikan pelatihan puzzle maker.

Published

2024-03-01

How to Cite

Evektivitas Pelatihan Guru dalam Pembuatan Instrumen Pembelajaran pada Puzzle Maker. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2315-2318. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3631