Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Meningkatkan Literasi Numerasi di SMP Negeri 3 Belitang Hilir
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3650Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD matematika untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Belitang Hilir Kabupaten Sekadau. Pengembangan LKPD menggunakan Model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap analisys, desain, development, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan validasi ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 93,55%, dari segi bahasa 97.24%, dari segi desain 89 %, dengan rata-rata kelayakan 93,26 % termasuk kategori kelayakan pengembangan LKPD sangat valid. Respon peserta didik terhadap penyajian materi, tampilan, pembelajaran dalam LKPD, dan manfaat yang diperoleh dari penggunaan LKPD mendapatkan respon yang baik. Berdasarkan hasil Tes Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik di SMP Negeri 3 Belitang Hilir dengan menggunakan LKPD diperoleh Dari 26 peserta didik, mencapai ketuntasan 100% dengan kategori sangat baik, dan LKPD yang dikembangkan berhasil meningkatkan literasi numerasi peserta didik karena memenuhi kriteria ketuntasan klasikal ? 80%. Sementara itu, ketuntasan pada tes awal mencapai 80,70%, sehingga terdapat peningkatan literasi numerasi sebesar 19,30%.