Analisis Resepsi Audiens Tentang Akun TikTok @codebluuuu (Review Kuliner Pada Restoran Bintang 5)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3653Abstract
Kemajuan teknologi mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi melalui media sosial. Media sosial TikTok adalah media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. TikTok dapat digunakan sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, salah satunya adalah dengan membuat konten vlog. Hal ini terkait dengan konten @codebluuuu TikTok yang memberikan ulasan negatif tentang kuliner di restoran dan hotel mewah bintang 5 yang menimbulkan pro dan kontra di publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerimaan yang diperoleh oleh followers TikTok @codebluuuu, yang merupakan Generasi Z mengenai konten review negatif di restoran dan hotel mewah bintang 5. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi analisis resepsi dan teori Encoding-Decoding Stuart Hall yang mengelompokkan penerimaan audiens ke dalam tiga kategori posisi, yaitu posisi dominant hegemonic position, negotiated position, dan oppositional position. Sebagai hasil dari penelitian ini, informant 1, 3, dan 6 memasuki posisi dominant hegemonic code; informant 2 dan 7 memasuki posisi negotiated code; dan informant 4 dan 5 berada di posisi opposition code.