Peran Komunikasi Pimpinan dalam Menciptakan Iklim Komunikasi Organisasi yang Positif pada Perusahaan Bank BPR Jatim
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3663Abstract
Salah satu kunci perusahaan dapat berjalan dengan baik yaitu memiliki komunikasi yang efektif dan yang memegang kendali atas hal tersebut adalah seorang pimpinan sebab jika perusahaan tidak memiliki komunikasi yang baik akan memicu terjadi konflik dan dapat mempengaruhi produktivitas karyawanan. Salah satu contoh pada Bank BPR Jatim khususnya pada divisi risiko dan penyelamatan kredit yang muncul adanya konflik karena kurangnya komunikasi antara pimpinan dan karyawan yang terjalin menyebab iklim komunikasi organisasinya bersifat negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai peran komunikasi pimpinan dalam menciptakan iklim komunikasi organisasi yang positif pada bank BPR Jatim dengan menggunakan Teori Iklim Komunikasi Organisasi oleh Pace and Faules (2006). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu peran-peran yang dilakukan oleh pimpinan dalam menciptakan iklim komunikasi organisasi yang positif berjalan dengan efektif. Konflik yang sebelumnya terjadi berlahan telah terselesaikan serta kondisi iklim komunikasi organisasi yang sebelumya bersifat negatif berubah menjadi positif dan hal tersebut juga di dukung dari peran yang dilakukan telah memenuhi 6 aspek dalam membangkitkan iklim komunikasi organisasi positif. Hal tersebut juga disetujui oleh karyawan dari divisi tersebut bahwa konflik yang terjadi mulai terselesaikan dan iklim komunikasi organisasi divisinya telah bersifat positif dan membuat tingkat produktivitas karyawannya mulai meningkat.