Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Akun @photose.id

Authors

  • Renna Maya Meivanda Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Saifuddin Zuhri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3664

Abstract

Self-photo studio Photose merupakan sebuah bisnis baru dalam bidang fotografi pertama di Surabaya sebelum akhirnya bisnis kompetitor mulai bermunculan. Photose menjalankan strategi komunikasi pemasarannya yakni salah satunya dengan memanfaatkan media sosial Instagram sekaligus agar dapat bersaing dengan bisnis kompetitor tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Instagram dalam meningkatkan brand awareness akun Instagram @photose.id melalui penggunaan fitur-fitur di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pengambilan data menggunakan metode wawancara mendalam. Penelitian ini didasarkan pada teori AISAS untuk mencari tahu apakah penggunaan fitur-fitur yang digunakan oleh @photose.id sudah optimal dilihat dari jawaban para informan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa @photose.id dalam memanfaatkan Instagram melalui fitur-fiturnya cenderung optimal hanya pada beberapa fitur saja, seperti stories dan posts. Beberapa aspek perlu ditingkatkan lagi seperti penggunaan fitur reels dan desain visual konten pada feeds yang perlu ditata lebih rapi.

Published

2024-01-05

How to Cite

Meivanda, R. M. ., & Zuhri, S. . (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Akun @photose.id. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 691-702. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3664