Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Voocaro pada Siswa Kelas VIII SMPN 10 Malang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3673Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMPN 10 Malang, melalui pembelajaran teks pidato dengan bantuan media Voocaro, metode penelituan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Sumber Data pada penelitian ini didapatkan dari Siswa-Siswi kelas VIII SMPN 10 Malang yang berjumlah 31 Siswa, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa Tes, Angket, dan observasi secara langsung serta pengamatan melalui audio yang sudah dikirimkan terhadap aktivitas proses pembelajaran dengan fokus pengamatan terhadap keterampilan berbicara siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan membaca siswa melalui teks pidato dengan menggunakan media Voocaro dan minimal 80% siswa secara klasikal memenuhi ketuntasan belajar atau keteramilan berbicara siswa berada pada kategori baik. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran keterampilan berbicara teks pidato melalui media Voocaro dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara teks pidato. Oleh karena itu, disarankan bagi para guru/peneliti selanjutnya yang mengalami permasalah pembelajaran berbicara teks pidato dapat menggunakan penunjang media Voocaro.